RSS

BAGAIMANA MENJAGA BANGUNAN DA’WAH (3)

22 Feb

BANGUNLAH PONDASI SALING WASIAT DALAM KEBENARAN
Fondasi yang isinya تواصّوابالحقّ وتواصّوابالصبر saling berwasiat alam kebenaran dan kesabaran, menasihati karena اللهdan beramar ma’ruf nahi munkar.
Setiap bangunan yang tidak dilandsi dengan nilai-nilai tersebut, maka ia menjadi bangunan rapuh yang tidak bisa bertahan lama. Dari sana bakal muncul bisikan nafsu,kepentingan pribadi dan berbagai penyakit lainnya. الله melaknat bani israil disebabkan masalah ini.
لُعِنَ الَّذِيْنَ كَفَرُوْامِنْ بَنِىْ اِسْرَءِيْلَ عَلَى لِسَانِ دَاوُدَ وَعِيَس ابْنِ مَرْيَمَ ’ذَلِكَ بِمَا عَصَوْاوَّكَانُوْايَعْتَدوْنَ..كَانُوْالاَيَتَنَاهَوْنَ عَنْ مُنْكَرِفَعَلُوْهُ لَبِئْسَ مَاكَانُوْايَفْعَلُوْنَ
Telah dilaknat orang-orang kafir dari bani isroil dengan lisan Daud dan Isa putra maryam. Yang demikian itu disebabkan karena mereka durhaka dan selalu melampaui batas. Mereka tidak saling melarang perbuatan munkar yang mereka kerjakan. Amat buruk apa yang mereka selalu perbuat. QS.Almaidah: 78-79.
Sebuah gerakan dakwah yang hubungan antar personel kadernya dan hubungan personel kader dengan pimpinannya tidak dilandasi dengan pondasi saling berwasiat dalam kebenaran dan kesabaran, ia menjadi sebuah gerakan yang tidak mendapatkan petunjuk dan jalan lurus,kehilangan benteng pertahanan dan kendalinya. Akhirnya akan terhempas etengah samudra tanpa arah.
Atas dasar inilah Imam Gazali menjelaskan nilai amar makruf anhi munkar dalam perjalanan islam. Ia berkata,”Amar ma’ruf nahi munkar adalah kutub agung bagi agama inim ia adalah urgensi,yang اللهmengutus para Nabi untuk menegakkannya. Apabila permadani amar ma’ruf dilipat,ilmu dan amalannya disia-siakan,maka sia-sia pulalah kenabian. Akibatnya samudra ilmupun dangkal,zaman menjadi gersang,kesesatan tersebar luas,kebodohan dan kerusakanpun merajalela. Kebingungan melanda manusia,negeri porak-poranda dan umat manusiapun hancur.”(ihya ‘ulumuddin 2/269)
Dari sinilah kewajiban menunaikan ini dilaksanakan sebelum yang lain,dalam batas yang telah dimaklumi bersama.
Rasulullah saw benar tatkala bersabda,
الدِّيْنُ النَّصِيْحَةُ. قُلْنَا: لِمَنْ؟ قَالَ:لِّلهِ وَ لِكِتَابِهِ وَلِرَسُوْلِهِ وَلِأَئِمَّةِ الْمُسْلِمِيْنَ وَ عَامَّتِهِمْ
Agama adalah nasihat. Para sahabat bertanya,”untuk siapa?” Beliau menjawab,”Untuk الله,Kitab-Nya,Rasul-Nya dan para pemimpin kaum muslimin serta masyarakat pada umumnya.”(HR.Muslim)

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 22 Februari 2010 in Uncategorized

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: